Jumat, 06 Desember 2013

Semana Santa Larantuka ( Religious )

+Merpati Airlines +Christine Bany +Sky Airlines +Garuda Indonesia +Er Kurnia +nusantaraglobal trans +KCPMERPATI NUSANTARA +Yusuf Tour +hidayat dania +Fotografia Moreno +edoi doank +Angkasa Tour Travel +Nuansa Wisata Tour & Travel Jakarta +Anto Riswanto Firaz +Jogjakarta Tourism Consortia

ABOUT LARANTUKA
 

Larantuka is a subdistrict of east flores regency, on eastern end flores island, east nusa tenggra, Indonesia. Larantukka has strong a colonial Portuguese influence.  In this city has of Christian symbols like the statue of our lady ( Tuan Ma ), the statue of the lord Jesus ( tuan Ana ), churches and chapels.
In Tua  Ma chapel there are ornament under the care of malaka clan. These ornament will be washed and clean when the Good Friday procession. The celebrate center on two religious  statues, one of Jesus Christ ( Tua Ana ) and one of Virgin Mary statue (  Tua Ma ).  In the others chapel like Tua Menino Chapel there are has many statues from Portuguese like Menito Statue ( Jesus Child ), Rosary  statue (Jesus Mother ), cross and many more.

The touch of roman culture, Portuguese and Malays in conjunction with Christian religiosity, giving the impression and wonderful memories for everyone who visits. 
OTHERS PLACE TO VISIT
 
CAVE MARY


Located  near the   monastery  of PRR   (PutriReinha Rosary) is a Sister Conggregation in weri, Larantuka. There are 10 stattion’s of the cross and we start at the first station and make our way up the hill until we are reach number 14. At the top we can relax and enjoy the view, overlooking Adonara and Larantuka. You can light some candles and pray iif you like, also you can enjoy a snack at the picnic tables provide by sisters. (a donation in box for the up keep, is voluntary but very much appreciated. After  that we can make our way back down thorghth sister garden, you can even visit the chapel, souvenir shop nd hotel in the Sisters Monastery. Located in Weri about 15 minutes from Larantuka town.

Situated at Sister monastery in Lebao about 15 minute s from larantuka. in this chapel lying the body of Mgr Gabriel Manek and Sister Anfrida ( the founder of PRR Conggregation ).   The others site in monastery  there are museum  and souvenir shop. In the museum collect the  Mgr Gabriel  Manek things and in  the souvenir shop you can find  the larantuka  souvenir. 



Gabriel Manek Chapel

Mgr. Gabriel Manek,SVD


Wureh is Village located in Adonaraisland in west Subdistict, it can be reached in 20 minutes from Larantuka city by sea transportation. This village has strong influenceof Portuguese culture. This can be recognized by the names of local people who adopt Portuguese names and collection of statues made by Portuguese from 15th century and of course the famous catholic’s ritual of “Good Friday Procession” which is happened every year as well as celebrated in Larantuka city. Good  pilgrim tourism.

  



Paket Wisata RELIGIUS 1 – Semana Santa Larantuka



FLORES OVERLAND  6D/5N  LARANTUKA –  NILO – DANAU KELIMUTU

KODE SS 01

01.  ( Kamis Putih )
 
Penjemputan di bandara – hotel chek in – kunjungan ke Kapela Mgr Gabriel Manek   Uskup Pribumi  indonesia, siarahn ke kapela Tua Menino ( Yesus ) yang menyimpan banyak peninggalan patung rohani peninggalan portugis.  Lanjutkan perjalanan ke pulau waibalun, sebuah pulau kecil di tengah laut  dan si atas puncak terdapat patung Yesus. Dari  pulau waibalun menuju ke Kapela Tua Ma dan Tua  Ana untuk berdevosi 
  

02.  ( Jumat )  
 
Setelah makan pagi anda dijemput dan berlayar menuju  ke Wureh. Di kapela Wureh terdapat patung yesus terbelenggu yang juga merupakan peninggalan portugis. Dari  wureh kembali ke larantuka menunggu prosesi laut. Malam hari mengikuti prosesi jumat agung.






03.   ( Sabtu )

Check out dari hotel melanjutkan perjalanan ke maumere.  Tempat siara pertama yang dikunjungi adalah taman doa  Kristus Raja   yang terletak dalam kota maumere. Perjalanan dilanjutkan menuju seminari tinggi ledalero.  Seminari tinggi ledalero mempunyai museum yang mengoleksi  barang – barang peninggalan budaya masyarakat flores. Dari sini perjalanan  menuju ke Nilo kurang lebih  45 menit dimana terdapat patung maria  dengan tinggi 18 meter  dengan tinggi fondasi 28 m. misa malam paskah di biara pasionis .

04. Minggu Paska 

Setelah misa minggu paskah  makan bersama dengan para imam dari biara pasionis dan melanjutkan perjalana ke Moni karena  tour yang berikutnya adalah mengunjungi danau kelimutu. Menginap di moni

05. Senin 

Pagi – pagi menuju ke danau kelimutu yang merupakan salah satu keajaiban alam dunia yang sangat luar biasa. Setelah puas menikmati keindahan danau kelimutu perjalanan menuju ke kota ende  city tour. Salah satu tepat yang akan dikujungi adalah museum bung karno.
      Setelah breakfast check out dari hotel  dan melanjutkan perjalanan anda


LARANTUKA – MEKO ISLAND  6D/5N

KODE SS  02

Day 01 ( Rabu ) 

Penjemputan di Maumere, melanjutkan  perjalanan ke larantuka singgah di Hokeng
(  Seminari Menengah Pastoral ), anda diajak untuk melihat keindahan arsitektur  bangunan  dengan tempat doa  ( katakombe ). Anda diberi waktu untuk berdoa dalam ruangan katakombe  lalu melanjutkan perjalanan ke Larantuka. 

Day 02 ( Kamis )
 
Meeting sercive hotel chek ini  dan melanjutkan perjalanan ke kapela Mrg Gabriel Manek dengan tidak lupa  ke toko souvenir susteran dalam complex  biara.  Dari sini perjalanan dilanjutkan ke Tua Menino Kapel. Dalam kapela ini tersimpan banyak peninggalan patung peninggalan portugis  pada awal penyebaran agama katolik di larantuka.  dengan   bis menuju ke waibalun kurang lebih 7 km dan dengan boat berlayar menuju ke pulau waibalun. Sebuah pulau kecil di tengah laut dan terdapat patung yesus berdiri tegak di puncak pulau. Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan  setelah menyaksikan keindahan pulau waibalun dengan air yang  jernih dan  dapat melihat keindahan bawah laut dari atas boat.  Dari pulau waibalun kembai ke bis melanjutkan perjalanan untuk makan siang. (senaren café). Setalah makan siang menuju ke kapela Tua Ma(cium tua ma) dan dari tua ma ke kapela tua ana untuk cium tua ana.  Setelah berdevosi di kedua kapela ini kembali ke hotel mempersiapkan diri untuk mengikuti misa  kamis putih.

Day o3 ( jumat ) 

Setelah sarapan  anda dijemput menuju ke pelabuhan pante palo  dan berlayar  ke Wureh. Di kapela wureh terdapat patung yesus terbelenggu.  Disini merupakan salah satu tempat  devosi yang dianggap sacral oleh umat setempat dan umat katolik lainnya.  Dari wureh dengan boat yang sama menuju ke kapela tua menino sambil menunggu patung yesus tersalib di   bawa keluar dan di antar ke armada pohon sirih  melalui prosesi laut. Puluhan kapal  terlihat berparodi sepanjang perairan larantuka  dengan di giring oleh perahu traditional dari lamalera ( lembata ).   Setelah itu kembali ke hotel persiapkan  diri untuk prosesi malam jumat agung.

Day 04 ( Sabtu ) 
 
Kurang lebih pukul  09.00 anda dijemput untuk melepas lelah sebentar setelah mengikuti prosesi malam menuju ke  lamawalang.  Di desa ini anda bisa menyaksikan  pertunjukan budaya dan ragam tradisi budaya seperti proses menenun, penyulingan arak,  pembuatan jagung titi dan anda akan di hibur dengan tarian tradisional.   Setalah menyaksikan atraksi di sini anda di ajak ke pantai lamawalang menikmati keindahan pantai  makan kelapa muda dan ikan bakar. Bagi yang mau berenang / snorkeling  / diving anda diberi waktu.  Kembali ke hotel, siapkan diri untuk misa malam paskah.

Day 05 Minggu Paskah  

Setalah breakfast anda di jemput, menuju gereja untuk misa paskah. Setelah misa kembali ke hotel persiapkan diri ke Meko. Meko adalah  sebuah pantai berpasir putih dengan  beberapa pulau kecil di tengah laut. Anda bisa snorkeling – diving ataupun sekedar berenang di  pulau ini.  Dari meko kembali ke hotel

Day 06
Check out  anda diantar ke bandara  dan melanjutkan perjalanan anda. 



4 D / 3 N
SEMANA SANTA LARANTUKA


Semana Santa merupakan masa suci bagi orang Katolik di Larantuka untuk mengenangkan wafat Yesus Kristus yang dimulai pada hari Rabu Abu dengan berbagai kegiatan ” MENGAJI ” dan puncaknya pada Pekan Suci ; Minggu Palma hingga Minggu Paskah, khususnya mulai Rabu Trewa sampai dengan Minggu Halleluya (Minggu Paskah). Pada hari raya Jumat Agung, prosesi Laut dan Darat dilaksanakan yang berpuncak pada prosesi  malam hari mengitari jalan yang panjang dan lebar, dengan perhentian pada setiap ” ARMIDA ” sambil terdengar nyanyian “OVOS “.Kegiatan rutin setiap tahun ini, selalu ramai dengan kedatangan para peziarah dari dalam negeri maupun luar negeri.
Anda diajak untuk merasakan pengalaman berziarah bersama Tuan Ma, Tuan Ana dan Tuan Meninu. Jika ada keinginan atau ujud khusus, ber- devosi-lah pada hari baik ini. Kegiatan yang penuh hikmat dan penuh dengan ritual agama ini, akan membawa kesan tersendiri yang tidak akan terlupakan bagi anda.

Hari 01 : Rabu Trewa
Penjemputan tamu di Bandara/pelabuhan menuju penginapan. Makan siang dan istirahat. Sore hari, menuju biara Pusat Susteran PRR Lebao ; berdoa di Kapela MGR. Gabriel Manek, SVD, kemudian mengikuti kegiatan Lamentasi di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka. Masa tenang dan hening setelah Lamentasi, ditandai dengan memukul bunyi-bunyian di seluruh kota Larantuka. Selesai Lamentasi, makan malam dan istirahat di penginapan.

Hari 02 :Kamis Putih
Setelah sarapan, anda diajak melihat pembuatan ” Armida ” dan ” Tikan Turo ” oleh warga lokal di jalur prosesi Semana Santa. dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan doa dan ” Cium Tuan ” di kapela Tuan Ma dan Tuan Ana. Sore hari, mengikuti misa Kamis Putih di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka.

Hari 03 :Jumat Agung
Setelah sarapan, menuju Kapela Tuan Bediri di Desa Wureh- Adonara menggunakan perahu motor. Di Kapela ini, mengikuti ritual “Cium Tuan “, berdoa dan berdevosi. Dari Desa Wureh, anda langsung mengikuti prosesi laut mengantar Tuan Meninu menuju armida di lokasi prosesi malam hari. Setelah makan siang, turut serta mengantar Tuan Ma dan Tuan Ana ke Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka. Kembali ke penginapan dan istirahat.
Sore hari, misa di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka dan mengikuti Prosesi Semana Santa.

Hari 04 : Sabtu Santo
 Setelah sarapan, check out penginapan dan membeli oleh-oleh khas Larantuka…… Sayonara…..
  
SEMANA SANTA TAHUN 2014 DAPAT DIBOOKING DARI SEKARANG HINGGA JANUARI 2014

 Hubungi kami :
PT. Ile Mandiri Biro Perjalanan Wisata ( Tour & Travel )
Jl. Joakim BL, De - Rosari RT/RW : 08/03 No.108 Postoh
Larantuka, Flores Timur, NTT - Indonesia
+62 383 232 5746 ( Shop ), +62 821 699 953 48 ( hp )
E : larantukatourtravel@hotmail.com
     kristoforus.jonatan@gmalil.com
     kornel.liliwana@gmail.com
W : www.ilemandiritourandtravel.com
Blokspot : divelarantuka.blogspot.com
                   divinglarantuka.blogspot.com
                   semanasanta.blogspot.com
                   wisatalarantuka.blogspot.com

1 komentar: